My Personal Picks of Websites for Booking Flights

cr: dokumentasi pribadi


Sering mengalami kesulitan saat ingin membeli tiket pesawat? Kadang bingung, beli sekarang atau kapan nih? Paling murah beli dimana yah? Jika jawabannya ya, maka kamu ngga sendirian! 😊

Sejujurnya, tidak ada situs ataupun aplikasi yang dapat 100% menjamin harga tiket yang ditawarkan adalah nilai yang paling murah. Berdasarkan pengalaman, saya merangkum beberapa situs favorit saya dalam memesan tiket penerbangan sebagai berikut:


Ranking 8: Momondo


Di urutan paling bawah, ada Momondo! Salah satu OTA (Online Travel Agency) terbitan Grup Booking Holdings Inc ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan situs-situs yang berada di bawah naungan yang sama. Dengan tema berwarna ungu, situs ini menawarkan penjualan tiket pesawat dan hotel internasional, dengan membandingkan antar beberapa website sejenis dan official sites.

>>> Pros
[+] Filter yang ada cukup informatif dan lengkap, dan ditampilkan dalam satu jendela utama. Mulai dari urutan, jam keberangkatan dan kedatangan, jumlah pemberhentian, metode pembayaran, sampai model pesawat dan lain sebagainya.
[+] Harga yang ditunjukkan sudah merupakan paket PP bagi round-way option.
[+] Ada fitur pembandingan dengan Malaysia Airlines dan JustFly. Jadi dalam sekali klik, kita akan disuguhi 2 windows atau tabs untuk pembandingan harga dan layanan.
[+] Salah satu fitur wajib dari anggota grup ini, adanya aktivasi alert untuk rute atau jenis penerbangan sesuai dengan yang kita inginkan. Cukup aktifkan layanan ini dan informasi kenaikan maupun penurunan harga akan otomatis dikirimkan melalui email.
[+] Momondo juga menampilkan price chart dengan rentang waktu 3 minggu di sekitaran tanggal yang kita tentukan untuk memudahkan kita dalam pertimbangan menggeser tanggal keberangkatan atau kepulangan.

>>> Cons
[-] Sayangnya desktop version dari situs ini tidak menyediakan Indonesian Rupiah (IDR) sebagai salah satu opsi mata uangnya. Kita harus menggunakan mobile version atau aplikasinya untuk mengganti mata uangnya.
[-] Metode pembayaran yang ada pun hanya terbatas kartu Visa dan Mastercard saja (baik debit dan online).
[-] Berdasarkan pengalaman pribadi, level murah Momondo masih cukup kompetitif namun belum bisa dibilang harga termurah.


Ranking 7: Booking.com


Peringkat ketujuh diduduki oleh situs Booking.com. Merupakan salah satu cabang Kayak dan anak dari Grup Booking Holdings, Booking.com menawarkan berbagai macam fitur dan filter yang mudah digunakan, dalam satu jendela utama.

>>> Pros
[+] Filter yang ada cukup informatif dan lengkap, dan ditampilkan dalam satu jendela utama. Kurang lebih sama seperti Momondo.
[+] Harga yang ditunjukkan sudah merupakan paket PP termasuk pajak bagi round-way option.
[+] Berbeda dengan Momondo, Booking.com juga menyediakan opsi pembayaran melalui ATM transfer. Selain itu dari segi bahasa dan mata uang, situs ini juga lebih luas cakupannya.
[+] Salah satu fitur wajib dari anggota grup ini, adanya aktivasi alert untuk rute atau jenis penerbangan sesuai dengan yang kita inginkan. Cukup aktifkan layanan ini dan informasi kenaikan maupun penurunan harga akan otomatis dikirimkan melalui email.
[+] Selain sebagai mesin pencari tarif penerbangan, booking.com juga menyediakan berbagai artikel terkait tempat-tempat yang dapat dikunjungi atau yang relevan dengan tujuan kita, termasuk tips dan promo yang bersangkutan.

>>> Cons
[-] Tidak adanya perbandingan harga antar hari atau bulan yang berdekatan.
[-] Untuk harga yang ditawarkan masih cukup kompetitif namun belum bisa dibilang harga termurah.



Ranking 6: Agoda


Selanjutnya ada Agoda menyusul di peringkat ke-6. Masih satu grup dengan Momondo dan kawan-kawan, Agoda menyuguhkan tampilan yang kurang lebih sama dan menawarkan banyak opsi penerbangan dengan cara membandingkan harga-harga dari situs sejenis.

>>> Pros
[+] Filter yang ada cukup informatif dan lengkap, dan ditampilkan dalam satu jendela utama.
[+] Harga yang ditunjukkan sudah merupakan paket PP bagi round-way option.
[+] Berbeda dengan Momondo, Agoda lebih ramah dengan multi-bahasanya dan juga berbagai jenis mata uang. Selain itu, metode pembayaran juga dapat melalui ATM atau transfer antar bank. Namun harus di-take note, untuk beberapa situs pelayanan internasional atau bersumber di negara lain, seperti cheapflights atau expedia misalnya, proses pembayaran tetaplah dikenakan dengan mata uang yang berlaku di situs masing-masing.
[+] Pembatalan gratis selama 24 jam pertama proses booking 😁

>>> Cons
[-] Terkenal dengan jasa penyediaan penginapan atau hotel, Agoda bukanlah yang terbaik di sisi booking flight-nya saat ini. Harga yang ditawarkan rata-rata tidak semurah situs lainnya.
[-] Tidak adanya range perbandingan harga dalam minggu atau hari yang berdekatan, melainkan kita harus mengubah manual tanggal keberangkatan atau kepulangan kita.



Ranking 5: Airpaz



OTA yang banyak bermain di wilayah Asia Pasifik ini menyusul di urutan nomor 5. Berbeda dengan 3 situs sebelumnya, Airpaz merupakan penyedia tiket penerbangan mandiri. Jadi tidak ada perbandingan harga melainkan harga yang tertera merupakan harga final.

>>> Pros
[+] Metode pembayaran beragam, salah satunya dapat menggunakan transfer ATM biasa (termasuk mobile dan internet banking) dan pembayaran melalui Indomart atau Alfamart.
[+] Tersedia panduan yang jelas termasuk FAQ dan bantuan help pada menu bar. Jadi jika terdapat beberapa pertanyaan yang membutuhkan jawaban singkat, kita tidak perlu repot menghubungi Customer Service-nya.
[+] Banyak menggelar promo di hari-hari tertentu, biasanya saat hari kerja atau payday. Begitu pula terdapat harga khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu.
[+] Sebelum meng-klik mencari tiket, kita dapat melihat sekilas harga tiket termurah yang tersedia pada kalender.
[+] Beberapa kali saya temukan harga termurah disini loh 😊

>>> Cons
[-] Meskipun filter tergolong cukup informatif, namun tidak selengkap 3 penyedia jasa sebelumnya.
[-] Terdapat beberapa maskapai yang tidak termasuk ke dalam layanan Airpaz, seperti Citilink misalnya.
[-] Harga yang ditunjukkan merupakan harga sekali jalan, jika ingin membeli PP, kita harus pintar-pintar memilih kombinasi harga berangkat dan pulang sendiri.



Ranking 4: Directly go to official airline websites



Next, seperti saran kebanyakan orang, tidak ada salahnya mencari di official websites maskapai. Terutama jika kita cukup sering melakukan pemesanan melalui agen maskapai itu sendiri, kita dapat memanfaatkan poin miles dan status sebagai frequent flyer. Tentunya jangan lupa untuk mendaftarkan email atau akun kita, agar miles yang didapat, terrekam dengan baik.

>>> Pros
[+] Bagi para frequent flyer atau yang sering menggunakan jasa pemesanan pada situs resmi maskapai, dapat mengumpulkan poin miles lebih mudah, sehingga bisa ditukarkan di kemudian hari.
[+] Relatif lebih mudah untuk mengubah atau tanya jawab seputar penerbangan tersebut, karena Customer Service akan mengutamakan pembeli dari official sites.
[+] Pada beberapa maskapai, dengan mendaftar sebagai anggota, kita dapat menikmati tarif penerbangan yang lebih murah bahkan hingga 50% lebih rendah dibandingkan melalui OTA lainnya.

>>> Cons
[-] Karena langsung menghubungi situs resmi maskapai, tentunya kita sudah harus tahu dan pasti maskapai mana yang kita inginkan atau prioritaskan, agar tidak membuang waktu pencarian.
[-] Soal tarif, tidak selamanya akan lebih murah dibandingkan dengan OTA lain. Bahkan tak jarang juga yang justru jauh lebih mahal jika kita membeli langsung di official websites beberapa maskapai.
[-] Harga yang tercantum di awal biasanya belum termasuk pajak dan jasa lainnya. Jadi jangan mudah terkecoh dan kaget ya jika harga final rupanya 11-12 atau bahkan lebih tinggi dengan OTA-OTA lain.



Ranking 3: Google Flights



Bicara soal mesin pencari, sudah pasti kita tidak bisa mengabaikan layanan search engine terbesar alias Google! Dengan menggunakan Google Flights yang berkesan simpel, kita juga bisa membandingkan harga antar websites lebih mudah seperti kebanyakan OTA pada umumnya, yang tentunya dapat menggunakan berbagai bahasa dan mata uang yang dikenal Google! Eh tapi Google Flights bukanlah OTA ya, melainkan metasearch engine yang fungsinya lebih ke mengkoordinasi situs-situs penyedia jasa layanan ini.

>>> Pros
[+] Filter yang tersedia cukup informatif dan simpel. Meskipun tidak semuanya ditampilkan dalam satu jendela utama.
[+] Fitur feedback juga tersedia di pojok kiri bawah. Sehingga kita bisa kapan saja mengirimkan pertanyaan, kritik maupun saran, lengkap dengan screenshot atau foto relevan.
[+] Terdapat matriks harga dan kalender sehingga memudahkan untuk penggantian tanggal. Selain itu, ada perbandingan tarif atau price chart untuk hari maupun bulan lainnya yang masih berdekatan dengan tanggal awal.
[+] Sebelum meng-klik mencari tiket, kita dapat melihat sekilas harga tiket termurah yang tersedia pada kalender.
[+] Dikombinasikan dengan Google Maps, menawarkan bandara sekitar juga sebagai opsi lain. Dan juga terdapat fungsi Trip Guide atau Things to Do untuk kota tujuan. Poin plus banget nih!

>>> Cons
[-] Karena bentuknya seperti OTA dan Google guide pada umumnya, maka tidak ada layanan promo disini.
[-] Harga akhir bisa saja berubah karena kita akan dipandu atau redirect ke situs yang bersangkutan. Hal ini lumrah bagi semua OTA.
[-] Karena tidak semua filter ditampilkan di satu window, melainkan kita harus meng-klik banyak tombol atau simbol, maka penggunaan Google Flights tidak semudah yang terlihat, terutama bagi yang belum terbiasa utak-atik sistem pencari. Kita harus rajin-rajin memilah-milih opsi yang ada agar optimal.


Ranking 2: Skyscanner



Kedua teratas adalah Skyscanner! Salah satu OTA favorit internasional ini juga kesukaan saya pribadi! Selain terkenal dengan berbagai opsi low-cost airfares ini, situs yang didominasi dengan warna biru langit ini memiliki beberapa fitur menarik dan unggulan jika dibandingkan dengan OTA lainnya.

>>> Pros
[+] Filter yang tersedia cukup informatif dan simpel, dilengkapi dengan multi bahasa dan mata uang.
[+] Pilihan maskapai yang ada sudah sangat lengkap!
[+] Selain menyediakan opsi sesuai keinginan customer, Skyscanner juga menghimpun beberapa pilihan perjalanan termasuk di dalamnya artikel terkait objek wisata pilihan dan tips-tips selama mengunjungi kota atau negara yang masuk dalam daftar rekomendasi.
[+] Sebelum meng-klik mencari tiket, kita dapat melihat sekilas harga tiket termurah yang tersedia pada kalender.
[+] Sebagai tambahan, jika kita ingin pergi ke suatu tempat namun masih belum menentukan waktu keberangkatan, kita bisa loh cek selama satu bulan full. Alias harga yang terpampang adalah harga termurah atau rata-rata yang ditemukan situs ini untuk bulan yang kita pilih. Masih bingung juga mau pilih bulan apa? Klik saja opsi cheapest month! Sistem akan secara otomatis mengantarkan kita ke tarif terrendah yang bisa didapat selama jangka waktu 1 tahun ke depan.
[+] Atau kebalikan dari poin di atas? Waktu keberangkatan sudah pasti, tapi tempat tujuan yang sesuai budget kemana ya? Nah disini kita juga bisa memilih opsi Anywhere untuk bandara yang dituju. Praktis deh.
[+] Skyscanner juga memiliki layanan notifikasi tarif yang langsung dikirim melalui email.
[+] Situs ini juga memperhitungkan adanya opsi lebih baik atau murah jika melalui bandara terdekat, sehingga akan muncul notifikasi di atas hasil pencarian, sebagai bahan pertimbangan kita.

>>> Cons
[-] Meskipun kita dapat membandingkan harga secara satu bulan utuh, kita tidak dapat melihat komparasinya dengan range seminggu atau beberapa hari (setelah mengklik tanggal), melainkan kita harus mengubah secara manual jika ingin melihat tarif penerbangan di hari lain.
[-] Harga akhir bisa saja berubah karena kita akan dipandu atau redirect ke situs yang bersangkutan.



Ranking 1: Traveloka



And the most favourite one is..... tak lain dan tak bukan adalah unicorn company asli karya anak bangsa, Traveloka! Bisa dibilang situs dan aplikasi ini sudah cukup lengkap bagi para traveller, semacam all in one package!

>>> Pros
[+] Filter yang tersedia cukup informatif dan simpel, dilengkapi dengan multi bahasa dan mata uang.
[+] Super duper lengkap pilihan layanannya! Mulai dari tiket penerbangan, hotel, paket data, shuttle bus, airport transfer, sampai tiket wahana atau atraksi yang dapat dikunjungi, semuanya lengkap ada dalam satu situs saja 😁
[+] Sebelum meng-klik mencari tiket, pada aplikasi smartphone, kita dapat melihat sekilas harga tiket termurah yang tersedia pada kalender.
[+] Metode pembayaran cukup beragam dan lengkap.
[+] Panduan dari masing-masing fungsi sudah cukup lengkap dan membantu.
[+] Karena Traveloka merupakan agensi mandiri, maka segala penerbangan kita dapat terekam dengan baik dengan melakukan pendaftaran sebelumnya. Tentunya kita dapat mengumpulkan sejenis miles atau poin setiap transaksi yang kita lakukan! Poin ini dapat ditukarkan di transaksi-transaksi mendatang lainnya.
[+] Beragam layanan dari masing-masing layanan penerbangan juga cukup transparan disini, artinya kita dapat mengetahui informasi mendasar terkait penerbangan yang akan kita ambil, mulai dari jenis pesawat, fasilitas dalam pesawat, sampai model kursi 3-3, 2-3-2, dan seterusnya.
[+] Sebelum checkout, sistem masih akan menawarkan adanya kombinasi dengan pemesanan hotel dan airport transfer, yang omong-omong bisa saja lebih murah jika dibeli sekaligus dibandingkan dengan pemesanan masing-masing.
[+] Lupa cek promo hari ini? Khusus untuk promosi dari maskapai tertentu, Traveloka mobile version juga bisa mengingatkan kita lho saat penawaran tarif dan jam keberangkatan.
[+] Best feature-nya tentu saja banyaknya promo yang berlaku hampir setiap hari! Mulai dari promo standar seperti penggunaan kartu kredit, payday, sampai promo masing-masing grup maskapai penerbangan, rasanya hampir selalu ada disini. Hayo ngacung yang anaknya lemah sama promoan?? 😂☝☝

>>> Cons
[-] Fitur preview tarif tiket dan beberapa layanan lainnya hanya tersedia di aplikasi saja, tidak di desktop version.
[-] Ada beberapa maskapai yang saat ini sudah tidak disediakan lagi disini hehe
[-] Harga yang tercantum merupakan tiket sekali jalan, jika kita ingin melakukan PP, kita harus mengkombinasikan sendiri pilihan penerbangan pergi dan pulangnya.
[-] Besar tarif yang ditawarkan bisa dibilang cukup kompetitif dengan OTA lainnya. Beberapa kali saya temukan tidak lebih murah jika dibandingkan dengan situs-situs sebelah. Namun, jika sudah dikombinasikan dengan promo yang tersedia, harga tarif bisa sangat terjangkau dan jauh lebih murah loh.




Sebenarnya masih banyak banget situs-situs lain yang katanya sih juga oke. Tapi deretan di atas tadi adalah personal picks dan yang saya dapati masih cukup applicable jika digunakan di Indonesia, baik untuk rute domestik maupun internasional.

Selain mengantongi daftar situs atau penyedia jasa tiket ini, dalam mencari tiket yang masuk akal, beberapa tips di bawah ini mungkin akan membantu:

1. Mulai cari tiket jauh-jauh hari, at least 2 bulan dari hari H jadwal yang diinginkan. Ini adalah peraturan nomor 1 saat mencari tiket. Loh kan ada last minute offer? Iya bener, tapi untuk mendapatkan kesempatan itu, bisa dibilang cukup jarang dan untung-untungan. Daridapa gambling lebih baik aman duluan kan?

2. Gunakan mode incognito saat browsing. Situs OTA selalu menerapkan tracking tool atau cookies untuk menyimpan data kita. Sebenarnya tujuannya untuk mempermudah data yang sudah pernah kita masukkan agar kita tidak perlu mengetik ulang di lain hari. Dan juga, rupanya dari cookies ini, sistem akan mengingat proses data dan dengan jumlah frekuensi pencarian kita (jumlah demand), memungkinkan harga akan terus naik dan juga penyebab munculnya iklan-iklan relevan yang menjamur di web browser kita.

3. Buka hatimu untuk non-direct flight. Jangan terpaku dengan satu bandara atau satu kota saja. Jika sedang tidak urgent, memilih penerbangan transit bukanlah opsi yang buruk. Justru terkadang transit beberapa jam malah menguntungkan kita untuk singgah di kota tersebut tanpa membayar penerbangan tambahan. Opsi lain adalah memperhitungkan kemungkinan untuk berpindah bandara sekunder, atau memilih yang bukan bandara utama namun masih dalam satu kota. Misalnya jika ingin ke Tokyo, bandara utama dan berada cukup dekat dengan kota adalah Haneda (HND), tapi biasanya maskapai yang lewat disini memasang tarif lebih mahal jika dibandingkan dengan Narita (NRT). Dengan menimbang aspek lainnya, bisa saja ternyata turun di bandara sekunder masih lebih murah jika dibandingkan dengan bandar udara utamanya.

4. Jika kamu frequent flyer, gunakan award miles yang kamu punya! Banyaknya miles yang terkumpul bisa membantu kamu untuk terbang lebih murah atau bahkan gratis di kemudian hari.

5. Selalu manfaatkan momen-momen promo. Ini juga peraturan wajib dalam memesan tiket penerbangan! Biasanya promo dilakukan di hari-hari khusus seperti hari gajian atau masa liburan. Bisa juga dengan penggunaan kartu kredit tertentu atau juga multiple booking alias beli banyakan!

6. Jika ingin pergi berlibur, tak ada salahnya menggunakan paket vacation. Atau yang langsung sepaket dengan hotel atau tempat penginapan.

7. Hindari terbang di jam-jam ramai dan weekends. Lebih baik pilih penerbangan paling pagi atau tengah malam, jika memungkinkan. Kalau ngga terpaksa, siapa sih yang rela berangkat sebelum subuh atau lewat jam 12 malam? 😂 Di akhir minggu juga pilihan sejuta umat, karena di hari kerja... well,, ya kerja, sehingga tarif penerbangan biasanya sedikit lebih murah karena berbanding lurus dengan jumlah permintaan atau demand.

8. Tetap rajin compare atau membandingkan antar situs dan aplikasi. Hal ini adalah hal yang lumrah yang kita lakukan sebelum menetapkan pilihan. Eh tapi jangan terlalu lama ragunya, karena pada hakikatnya harga tarif pesawat itu sulit ditebak 😂



Nah, bagaimana, sudah siap menentukan pilihan untuk terbang?

Comments

Popular Posts